--> Skip to main content

Informasi kelulusan Tes cpns menurut hasil TKD ?

Assalamualaikum sobat setia portal-job malam ini saya mau memberi informasi mengenai kelulusan tes cpns menurut dari hasil TKD hayooo apa itu TKD ? mungkin dari sebagian sobat portal sudah ada yang tau ne mengenai TKD tapi tidak ada salahnya kan kita ulas kembali disini TKd adalah Hasil tes kompetensi dasar (TKD) akan tetap menjadi rujukan utama penentuan kelulusan CPNS. Meskipun dilakukan seleksi kompetensi bidang (TKB), namun perubahannya tidak signifikan mengganti rangking yang sudah ditetapkan Panselnas.

 Penentu Kelulusan CPNS

informasi kelulusan CPNS berdasarkan TKD
Contoh TKD

 “Sebanyak 60 persen nilai TKD menjadi penentu kelulusan CPNS, sisanya dihitung berdasarkan nilai TKB. Kalau ada nilai TKDnya tinggi kemudian setelah TKB,  nilai yang tinggi ini diganti dengan nilai TKD yang jauh di bawahnya, maka ini patut dipertanyakan,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja, Rabu (13/5).

Dia menyadari, seleksi TKB sering dimanfaatkan kepala daerah untuk melakukan manipulasi data. Namun, kini pemerintah pusat bisa membatalkan keputusan kada bila disinyalir penetapan kelulusannya bermasalah.  Selain itu, pusat juga punya hitungan tersendiri untuk menguji kelulusan CPNS.

“Tidak akan mungkin nilai di bawah bisa menggeser nilai di atas meski dikatrol dengan TKB. Masalah ini terjadi di daerah-daerah. Makanya ini jadi bahan pertimbangan pemerintah dalam pengadaan CPNS 2015,” tambah Setiawan.

Setiawan juga menambahkan, KemenPAN-RB akan melakukan pembatasan TKB karena jumlah jabatan yang diujikan sangat banyak dan tidak bisa dihandle pusat seluruhnya.

Hanya jabatan-jabatan tertentu yang bisa di-TKB-kan. Itupun harus dengan persetujuan MenPAN-RB. Selain itu, aturan main TKB juga ditetapkan Panselnas. (esy/jpnn).
Baca juga Jadwal Pendaftaran CPNS 2015.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar